Monday 13 October 2014

Cara Merawat Rubik

Siapa sih yang nggak tau Rubik's Cube? Pasti tau kan. Rubik's Cube adalah sebuah puzzle mekanik yang berbentuk kubus dimana sisinya dibagi menjadi 6 warna. Rubik ditemukan oleh seorang professor bernama Ernő Rubik pada tahun 1974. Perlu diketahui bahwa sebuah Cube memiliki 6 center, 12 edge, dan 8 corner dengan total 26 pieces. dengan banyaknya bagian cube tersebut, kita harus merawatnya dengan baik. Berikut tips dari saya :







1. Membongkar dan melubrikasi
memang kedengarannya sulit, yaitu harus membongkar rubik. Namun kenyataannya membongkar dan menyusun Rubik tidaklah sulit, apalagi kalau Rubik tersebut masih belum berstiker. Cara membongkar Rubik yaitu dengan mencungkil salah satu edge (tips, gunakan obeng min). Selanjutnya mulai ambil satu persatu pieces yang lainnya. Lalu letakkan piecesnya dengan posisi sticker tertutupi oleh piece lain. Jangan lupa untuk diberi alas.

Untuk melubrikasi / melumasi Rubik, gunakan Silicone Spray (recomended : Jig-A-Loo, CRC Heavy Duty, atau yang khusus untuk Rubik). Untuk menyemprotkannya tidak usah banyak - banyak, secukupnya saja. Hati - hati untuk menyemprot agar cairan silicone tidak mengenai sticker. Selanjutnya, tunggu sekitar 5 menit dan pasang kembali. Untuk memasang kembali, bisa dimulai dari memasang 4 edges dari bawah, lalu 4 corner, lalu 4 edges, dan memasang sisanya secara berurutan (edge-corner-edge-dst). Tutorial lengkap bisa dilihat di Youtube.


2. Breaking
teknik ini bertujuan untuk mengendurkan pegas yang ada di core. Setelah melakukan teknik ini Rubik memiliki kemampuan cutting corner yang jauh lebih baik dan berputar lebuh lancar. Cara melaukannya cukup simpel. putar sisi atas Rubik sekitar seperempat kotak piece dan putar sisi kanan Rubik. Harap berhati - hati saat melakukannya karena dapat menumbulkan resiko core patah.





3. Dimainkan setiap hari
dengan memainkan Rubik setiap hari, maka anda akan terbiasa dengan pergerakan Rubik. Selain itu Rubik juga dapat berubah menjadi lebih baik karena pergerakan yang kita lakukan mengikis permukaan dalam Rubik, sehingga Rubik terasa lebih nyaman ketika diputar. Selain itu, anda juga dapat melakukan gerakan fingertrick lebih mudah.


Sekian tips dari saya. Mohon maaf bila tipsnya kurang lengkap atau kesalahan kata. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

source : random-language.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment